Lulusan atau Alumni TKJ Minimal punya Sertifikat yang bertaraf Internasional - Mengingat adanya kebijakan baru dari pemerintah khususn...

Lulusan atau Alumni TKJ Minimal punya Sertifikat yang bertaraf Internasional


Lulusan atau Alumni TKJ Minimal punya Sertifikat yang bertaraf Internasional - Mengingat adanya kebijakan baru dari pemerintah khususnya dengan adanya Masyarakat Ekonomi Asean (MEA), sudah sewajibnya kami sebagai pendidik untuk terus mingkatkan kualitas SDM para lulusan.

SMK sebagai lembaga Pendidikan Formal berperan penting untuk mempersiapkan tenaga-tenaga yang berpengalaman, berdedikasi serta berilmu pengetahuan luas.

Akar Masalah !

Dunia perkembangan Teknologi dan Informasi membutuhkan pengakuan bahwa setiap lulusan berkompeten dalam bidangnya. Sebagai contoh, lulusan tersebut terampil dan mahir menggunakan Linux, namun ketika masuk ke dalam dunia kerja, adakah yang tahu bahwa lulusan tersebut menguasai atau ahli dalam bidang tersebut ?

Sebagai pembuktianya diperlukan Dokumen/Sertfikat yang menunjukan bahwa kita memang menguasai bidang tersebut. Secara tidak langusng, sertifikat IT adalah sebuah bentuk penghargaan yang diberikan kepada seorang individu yang dianggap memiliki keahlian dalam bidang IT tertentu / spesifik.

Dunia SMK sekarang mengenal sebuah badan bernama BNSP. BNSP merupakan badan independen yang bertanggung jawab kepada Presiden yang memiliki kewenangan sebagai otoritas sertifikasi personil dan bertugas melaksanakan sertifikasi kompetensi profesi bagi tenaga kerja. 

BNSP lah yang berhak memberikan otoritas kepada Lembaga Sertifikasi Profesi untuk mensertifikat pelangganya. Tingkatan SMK kita Mengenal LSP P1, yakni sebuah lembaga yang sudah ditunjuk untuk melakukan sertifikasi para siswa lulusanya.

Fokus kedalam Jurusan Teknik Komputer Jaringan, bahwasanya selain melalui Uji Kompetensi Kejuruan UKK serta Ujian Teori Produktif UP nyatanya itu saja tidak cukup. Apakah semua akan dipakai didunia kerja ?

Solusinya ?

Di Indonesia penggunaan Mikrotik RouterOS sudah meningkat berkali-kali lipat. Mulai dari pengguna rumahan SOHO hingga Enterprise sekelas Perusahaan Nasional bahkan Internasional sudah menggunakan Mikrotik RouterOS.

Mikrotik RouterOS terjangkau untuk semua segmen, mempunyai fitur super lengkap, lebih fleksibel, lebih powerful, memiliki kemampuan banyak routing, banyak yang menggunakan, dan banyak support, dukungan dan masih banyak lagi...

Dengan penggunaan Mikrotik RouterOS yang sudah mengakar di Indonesia ini, sudah sepantasnya Lulusan TKJ mampu menggunakan Mikrotik RouterOS. Oleh sebab itu Mikrotik RouterOS mengeluarkan beberapa paket Sertifikasi diantaranya :

Basic Mikrotik Training - Essentials (MTCNA)
  • Advanced Mikrotik Training - Traffic Control (MTCTCE)
  • Advanced Mikrotik Training - Wireless (MTCWE)
  • Advanced Mikrotik Training - Routing (MTCRE)
  • Advanced Mikrotik Training - User Manager (MTCUME)
  • Advanced Mikrotik Training - Inter Networking (MTCINE)


Banyak sekali perusahaan yang mensyaratkan setidaknya memiliki Basic Mikrotik Training - Essentials (MTCNA) sebagai sertifikat pegangan utama. Basic Mikrotik Training - Essentials (MTCNA) ini sudah diakui secara Internasional lho, bahkan lebih dari sekedar Sertifikat LSP P1 yang dikeluarkan BNSP. Kenapa ? Karena materi-materi yang diajarkan dalam Basic Mikrotik Training - Essentials (MTCNA) sudah hampir mencakup materi Jaringan yang dipelajari selama 3 tahun di SMK bahkan bisa dikatakan lebih expert.

Ayoo dapatkan !

Ada slogan "Lulusan SMK TKJ bersertifikat dan Diakui secara Internasinal", anda tertarik ? Mau saja tidak cukup butuh displin dan usaha sekeras Berlian. :D Semoga lulusan TKJ tidak hanya lulus, tapi harus punya sertifikat dan Diakui secara Internasinal. Amin.

4 komentar: